Jumat, 30 Desember 2011

Sejarah komputer Dari Pertama Hingga Sekarang



Sejak dahulu proses pengolahan data telah dilakukan oleh  manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik dalam penghitungan dan pengolahan data supaya mendapatkan hasil lebih baik. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini computer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan  pekerjaan. Computer yang ada saat ini memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa. Diataranya adalah sistem computer di kassa  supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang  menangani  jutaan panggilan da komonikasi, jaringan computer dan internet yang memhubungkan berbagai tempat di dunia.

Perkembangan computer  dari  generasi ke generasi

Sejarah perkembangan computer selalu mengalami peningkatan dari setiap generinya, awalnya computer di ciptakan untuk memudahkan dalam proses penghitungan atau dalam melakukan penghitungan matematika, akantetapi seiring perkembangan zaman, computer  tak ketinggalan zaman, computer terus berkembang yang  kini sudah menjadi sebuah mesin serba guna khususnya pada bidang industri  dan penelitian.
Computer berasal  dari bahasa  latin kata compute yang artinya menghitung. Maksudnya computer dapat dikatakan sebagai alat penghitung. Computer pertama kali  di temukan  oleh Charles Babbage. Kecerdasan logika matematika dari seorang Charles Babbage  mampu menciptakan sebuah mesin yang disebut Analytical Engine tepat pada tahun 1882.  (Waw…..saya belum lahiiiiiirrr he he he he) mesin tersebuat difungsikan sebagai alat penghitung-penghitung an umum.
Beberapa tahun kemudian, John V. Atanasoff muncul kepermukaan dengan membawa rancangan computer yang dibuatnya yang disebut  Atanasoff-Berry computer (ABC) pada tahun 1937. Computer hasil rancangan John V. Atanasoff resmi menjadi computer elektronik pertama. Setelah beberapa tahun, muncul lagi ENIAC (Electronik Numerical Integrator) yang di munculkan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert.  ENIAC menciptakan computer berdasarkan kerjasama antara pemerintahan Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Mesin tersebut terdiri  atas 18.000 tabung vakum (vacuum tube), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Computer ciptaan ENIAC bisa dikatakan computer yang sangat besar sehingga computer ini membutuhkn daya konsumsi listrik sebesar 160kW.

Generasi-generasi komputer
  •    Generasi Pertama
  •    Generasi Kedua
  •    Generasi Ketiga
  •    Generasi Keempat
  •    Generasi Kelima
Computer Generasi pertama


Computer generasi pertama disebut dengan dinosaurus karenaukuran yang sangat beeeesar. Computer generasi pertama ini sangat sulit digunakan sehingga tak semua orang dapat menggunakannya kecuali hanya para ahli computer saja yang papat menggunakannya. Computer generasi  pertama inipun proses lodingnya sangat lambat.
Computer  generasi pertama terjadi antara 1942-1959.  Adapun sifat-sifat computer ini antara lain: ukran komputer besar, memerluka banyak pendingin, karena  banyaknya mengeluarkan panas, proses kerjanya lambat, dankapasitas memorinya sangat kecil.      

Computer generasi kedua


Computer generasi  kedua muncul sekitar 1960-an. Ada  juga yang mengatakan kalo perkembangan generasi komputer kedua terjadi (1959-1964). Computer generasi kedua ini banyak dimanfaatkan perusahaan-perusahaan, khususnya dalam bidang bisnis, computer generasi kedua ini ukurannya tampil dengan lebih kecil dibanding dengan sebelumnya, penemuan transistor- (komponem elektronik yang berfungsi sebaga penguat , pemotong, dan pembagi arus listrik) pada 1945, telah membawa perusahaan drastic pada perkembangan teknologi komputer, ukuran transistor yang relative kecil, yaitu hanya sebesar biji kacang telah menjadikannya perangkat elektronik yang menggunakannya menjadi lebih kecil. Computer generasi kedua dengan perkembangannya pula telah memberikan perlengkapan, seperti  printer, memori, disket, system operasi, dan pada generasi kedua inilah manusia mengenal software atau piranti lunak.

Computer generasi ketiga


Perjalanan sejalah komputer dan perkembangannya terus berlanjut, kali ini penemuan barlanjut pada tahun 1958. Jack Kilby, berhasil mengatasi kelemahan system transistor dengan mengembangkan sirkuit tterpadu (integrated circuit –IC). Sirkuit terpadu ini mampu mengombinasikan tiga komponem elektronik dalam sebuah kepingan silicon kecil yang terbuat dari kuarsa. Penggunaan IC kemudian menjadi landasan bagi digunakannya system operasi (operating system).
Cara ini telah memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program secara serentak dengan  sebuah program utama yang memonitor  dan mengendalikan komputer. Komputer ketiga pun memiliki kecepatan lebih tinggi, kapasitas memori lebih  besar, lebih hemat listrik, dan harganya lebih murah, dibandingkan generasi komputer generasi kedua.
Adapun Ciri-ciri komputer generasi ketiga sebagai berikut:
  •   Komponim elektroniknya terdiri atas Integrated Ciruit (IC) yang berbentuk lempengan
  • Sudah enerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan lebih dari satu program dalam  waktu bersamaan.
  •  Adanya integrasi antara software dan system operasi .
  •  Prosesnya lebih cepat.
  •  Kapasitas  penyimpanan data  lebih besar.
Komputer generasi keempat



Komputer generasi keempat ukurannya tambah semakin kecil.hal ini di sebabkan karena seluruh komponem komputer busa diletakkan dalam sebuh chip yang sangat kecil. Pada saat ini para penguna komputer semakin bertambah.
Pada tahun 1970-an terjadi peristiwa penting bagi pengembangan system komputansi, yaitu penggunaan LSI(Large Scale Integration)berupa pemadatan beribu-ribu sirkuit terpadu (IC) menjadi satu chip. Kemudia LSI dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration)sehingga ratusan ribu IC dapat di padatkan dalam satu  chip. Setelah itu, digunakan utra-Large Scale Integration (ULSI)yang mampu menggandakan jumlah sirkuit menjadi jutaan.
Rangkain penemeuan yang ikut meramaikan cerita sejarah komputer dan perkembangannya ini telah mampu meningatkan daya kerja,efisiensi,kehandalan, sekaligus menjadikan  urutan komputer semakin kecil,  kita pun bisa mengenal PC(personal komputer),laptop, PDA, dan sejenisnya.

Generasi kelima


Sampailah pada generasi kelima yaitu generasi kecanggihan  yang kita nimati saat ini, merupakan generasi dari pergantian-pergantian masa hingga menjadi komputerisasi  penuh  dengan kebanggaan seperti yang di inginkan.
Pada generasi kali ini  di tandai dengan munculnya: LSI(Large Scale Integration)yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor dan semi conductor. Perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola,  Zilog, dll. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 2004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium -4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar  yang ditampilkan menjadi lebih halus dan keren. Dan kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Selamat membaca semoga bermanfaat.





2 komentar:

  1. binggung mencari tempat kursus komputer,dan service komputer di sini adalah tempat yang pas untuk kursus komputer dan service komputer http://www.tangsel.ariskomputer.com
    http://www.ariskomputer.com

    BalasHapus
  2. thank you for the information is be very useful.

    Come join us and get the big prize that awaits you, do not miss a great bonus that awaits you only in 988betlink.com

    Games Terbaik

    Artikel tentang masalah kehidupan anda (khususnya perempuan) WELBO

    BalasHapus